4 Referensi Tata Ruang Berkonsep Industrial yang Mudah Diterapkan 

Tata Ruang Berkonsep Industrial

Mencoba mempelajari dan menerapkan industrial design interior sangat tepat untuk dilakukan, karena memang sedang menjadi tren belakangan ini. Awalnya masyarakat dimanjakan dengan bangunan atau hunian dengan gaya modern minimalis. Nyaris semua orang mengusung tema tersebut, namun kini mulai tergeser dengan konsep industrial.

Referensi Industrial Design Interior yang Mudah Diterapkan

Tak sulit menemukan tempat dengan konsep industrial, tak hanya rumah pribadi namun juga tempat umum seperti cafe maupun restoran. Tak akan rugi pula mengusung konsep yang sama karena yang pasti hunian Anda akan terlihat lebih modern dan kekinian. Jika butuh rekomendasi atau referensi mengenai tata ruang bergaya industrial ini. Maka bisa mengintip beberapa ide di bawah ini:

1. Beri sentuhan unfinishing pada dinding

Tata Ruang Berkonsep Industrial

Kesan industrial pada industrial design interior akan sangat terasa ketika Anda menambahkan kesan unfinish pada bagian dinding. Artinya ada beberapa bagian dinding yang seolah-olah belum selesai digarap atau diselesaikan. Misalnya saja membiarkan beberapa bagian pada dinding terlihat susunan batu batanya tanpa ditutupi oleh adonan semen.

Beberapa orang sengaja memperluas area dinding yang belum selesai ini, bahkan ada yang membuat satu ruangan utuh berdinding motif susunan batu bata. Namun ada pula yang membuatnya lebih eksotik dengan setengah bagian tertutup semen halus dan sebagian yang lainnya terlihat susunan batu bata kasar. Anda lebih suka yang mana? Silahkan disesuaikan dengan selera.

2. Lantai bernuansa monokrom lebih ideal

Tata Ruang Berkonsep Industrial

Sedangkan untuk bagian lantai, pada dasarnya semua jenis lantai akan cocok digunakan pada ruangan bergaya industrial. Entah itu lantai dari keramik, granit, marmer, dan bahkan lantai tertutup adonan semen sekalipun. Jika ingin kenyamanan maka pilih lantai keramik atau batuan dengan permukaan halus dan cenderung dingin.

Simak Juga : Sangat Praktis, Ini Dia 5 Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Sudah Ada Lemnya

Supaya kesan industrial tetap menguar kuat pada ruangan maka dianjurkan memilih lantai dengan motif alami. Begitupun dengan warnanya, misalnya saja lantai dengan motif garis-garis alami batu granit. Sedangkan warnanya bisa memilih warna natural seperti perpaduan warna monokrom. Misalnya saja perpaduan antara hitam dan putih atau krem.

3. Tambahkan aksesoris berbahan logam pada ruangan

Tata Ruang Berkonsep Industrial

Meski menggunakan konsep industrial design interior bukan berarti Anda tidak perlu menambahkan aksesoris. Justru dengan pemilihan aksesoris yang memang mencerminkan konsep industrial, dijamin akan menguatkan konsep itu sendiri. Dianjurkan untuk memilih aksesoris yang terbuat dari material logam khususnya kerajinan daur ulang. Misalnya saja menggunakan bekas mesin jahit sebagai meja kopi.

4. Pilih furniture dengan finishing mentah

Tata Ruang Berkonsep Industrial

Hunian dengan ruangan berkonsep industrial memang kerap kali dibangun pada area yang tidak begitu luas. Sekalipun ruangan memiliki luas yang terbatas Anda jangan sampai melupakan penambahan furniture di dalamnya. Sebab punya fungsi sangat krusial, tak hanya mempercantik ruangan namun juga berfungsi sebagai tempat duduk, istirahat, dan bersantai.

Idealnya untuk ruangan bergaya industrial mempergunakan furniture yang memperlihatkan keaslian materialnya. Misalnya saja kursi atau meja kayu yang tidak dipelistur sehingga finishing asli dan motif kayu alaminya terlihat jelas. Semakin alami penampakan furniturenya semakin menguatkan konsep industrial yang diusung.

Anda yang berniat menerapkan konsep industrial di hunian yang ditempati sebaiknya mulai menerapkan beberapa ide di atas. Bisa pula mencari inspirasi lain untuk memperkaya ide sehingga ruangan per ruangan di dalam hunian benar-benar sesuai ekspektasi. Tak perlu ragu mempergunakan aneka aksesoris sampai furniture yang nyentrik, karena di dalam industrial design interior kebebasan akan terlihat sangat jelas.

Updated: July 25, 2020 — 7:43 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *