Kekurangan Lantai Kayu Parket Yang Akan Membuat Anda Berpikir Ulang

Kekurangan Lantai Kayu Parket – Keindahan lantai kayu memang tidak bisa dipungkiri lagi. Banyak orang memutuskan untuk menjadikan lantai rumah mereka indah dalam balutan material kayu. Salah satu material yang paling terkenal adalah material lantai kayu parket.

Pada dasarnya, nama lantai tersebut terispirasi dari bahasa Perancis, yaitu parqueterie. Istilah tersebut dapat diartikan sebagai seni menyusun potongan kayu pada lantai rumah.

Kekurangan Lantai Kayu Parket

Material yang di gunakan memang terbuat dari kayu dan berupa potongan-potongan dengan presisi yang sempurna.Terdapat berbagai ukuran material tersebut yang nantinya akan disambung-sambungkan. Namun begitu, pemasangan lantai ini tidak lepas dari berbagai permasalahan seperti yang ada di bawah ini.

Berbagai Permasalahan Pemasangan Lantai Kayu Parket

Jenis-jenis lantai kayu parket ada dua, yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu parket laminate. Perbedaan diantara keduanya yaitu : lantai kayu solid memiliki kandungan 100% kayu asli. Sedangkan lantai kayu laminate memiliki berbagai lapisan seperti medium atau high density fiberboard, melamin, dan lapisan dekoratif.

Lantai kayu memiliki berbagai permasalahan yang sering menimbulkan biaya tambahan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Terjadinya gelombang pada lantai

Lantai kayu parket merupakan jensi lantai yang dapat dibongkar pasang. Jensi yang satu ini berupa lembaran-lembaran yang di susun sedemikian rupa sehingga menimbulkan pola tertentu. Pada berbagai kasus, terjadi gelombang pada lantai yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Gelombang tersebut di sebabkan oleh susutnya lantai kayu dan mengakibatkan munculnya jarakĀ dengan lantai dasar. Hal ini bisa dikarenakan oleh lembabnya kondisi yang ada di bawah lantai. Jika terjadi hal seperti ini, solusinya lantai harus dibongkar ulang kemudianĀ diratakan.

  1. Adanya goresan atau retakan pada lantai

Goresan pada lantai kayu merupakan hal yang lumrah. Goresan bisa terlihat jika lantai kayu memiliki warna yang terang. Hal ini pun bisa disebabkan oleh benturan benda ke lantai, adanya benda yang menggesek lantai, dan lain sebagainya.

Goresan yang tidak cukup dalam bisa diatasi dengan pengampelasan dan finishing agar warna bisa kembali normal. Sedangkan goresan yang agak dalam dan menyebabkan tampilan retak bisa diperbaiki dengan menggunakan lilin maupun wood filler.

  1. Warna lantai kayu memudar

Lantai kayu pasti berbeda dengan lantai keramik. Jika kalian ingin memasang lantai kayu, pastikan anda mengetahui resiko pudarnya warna lantai suatu hari nanti. Hal ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama atau sering lembab.

Warna lantai kayu yang mudah pudar biasanya yang tidak diberi coating sebagai langkah finishing. Solusinya, anda bisa melakukan langkah finishing sebagai bagian dari proses pemasangan lantai. Selain itu, usahakan lantai jangan terkena kontak sinar matahari maupun barang lembab terlalu lama.

  1. Lantai kayu mudah ternoda

Selain memiliki resiko warna mudah pudar, lantai kayu juga mudah ternoda. Noda pada lantai bisa di sebabkan oleh banyak sekali hal. Dan bisa di bedakan menjadi noda yang mudah hilang maupun tidak.

Jika lantai kayu sudah ternoda oleh kotoran yang tidak mudah pudar jika dibersihkan, cobalah untuk menggunakan pembersih lantai seperti yang biasa digunakan untuk lantai keramik. Apabila noda sudah sangat parah, gunakan cairan thinner.

Dari berbagai permasalahan tersebut, pastinya anda akan berpikir ulang untuk menerapkan aplikasi lantai parket di rumah. Namun jangan khawatir, walaupun memiliki berbagai permasalahan, anda tetap layak untuk memasang lantai ini karena mampu menghadirkan kesan elegan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *