5 Perbedaan Lantai Parket Dan Lantai Vinyl

5 Perbedaan Lantai Parket Dan Lantai Vinyl – Memilih pelapis untuk lantai ternyata bukanlah hal yang mudah. Anda harus bisa menyesuaikan material yang dipilih dengan konsep rumah yang ingin dihadirkan. Banyak sekali material yang bisa dijadikan sebagai pelapis lantai misalnya saja lantai parket, lantai vinyl, lantai marmer dan lain sebagainya. Setiap bahan tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk itu Anda harus mengetahui berbagai keunggulannya untuk bisa memilih material yang tepat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada desain interior rumah agar terlihat lebih menarik dan nyaman.

Perbedaan Lantai Parket Dan Lantai Vinyl

Beberapa perbedaan lantai parket dan lantai vinyl

Lantai parket populer digunakan karena mampu memberikan kesan klasik yang alami karena terbentuk dari material kayu. Serat dan motifnya memancarkan kesan yang lebih sejuk dan nyaman. Namun seringkali orang sulit membedakannya dengan lantai vinyl, sebab jenis material ini juga memiliki motif yang hampir mirip dengan kayu. Meskipun sekilas terlihat sama, namun kedua material ini memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya, simak uraiannya di bawah ini.

  1. Bahan

Dari bahan penyusunnya, kedua material ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Parket merupakan material yang digunakan untuk melapisi lantai dari bahan kayu. Sedangkan vinyl terbuat dari bahan sintetis seperti polyvinyl maupun PVC.

  1. Cara pemasangan

Untuk memasang lantai vinyl, Anda hanya perlu menggunakan lem untuk merekatkan bagian satu dengan bagian yang lainnya. Bahkan Anda bisa memasang lantai vinyl di atas lantai keramik. Sehingga waktu yang digunakan untuk memasang lantai terasa lebih cepat dan praktis. Sedangkan pemasangan lantai parket harus dikerjakan satu persatu seperti puzzle. Anda harus menghubungkanĀ setiap bagian dengan menggunakan palu. Proses pemasangannya memakan waktu yang lebih lama karena harus dikerjakan dengan teliti.

  1. Daya tahan

Jika membahas tentang daya tahannya, kedua material ini memiliki kemampuan daya tahan yang berbeda. Lantai parket tidak bisa digunakan untuk di luar ruangan dengan cuaca ekstrim, karena kayu mudah mengalami penyusutan. Sedangkan lantai vinyl bisa Anda aplikasikan di mana saja sesuai keinginan, karena daya tahannya lebih baik dan kuat untuk berbagai kondisi.

  1. Motif

Lantai vinyl memiliki motif yang lebih beragam. Bukan hanya bermotif kayu, namun juga ada yang bermotif batu alam dan lain sebagainya. Anda bisa memilih motif yang diinginkan sesuai dengan selera. Namun karena terbuat dari bahan kayu, lantai parket cenderung memiliki motif yang monoton. Corak yang ditimbulkan merupakan serat kayu asli dan tidak bisa dimodifikasi.

  1. Perawatan

Material lantai kayu harus dirawat dengan metode khusus karena rentan keropos jika dibersihkan dengan menggunakan air. Untuk itu Anda harus berhati-hati agar lantai bisa tetap terawat dan tahan lama. Sedangkan untuk membersihkan lantai vinyl, Anda hanya perlu menyapu serta mengepelnya secara rutin dengan menggunakan alat kebersihan. Jangan biarkan debu atau kotoran mengendap di lantai agar kebersihan rumah tetap terjaga.

  1. Harga di pasaran

Lantai parket terbuat dari bahan kayu asli sehingga harga jualnya di pasaran lebih mahal dibandingkan dengan lantai vinyl. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang lebih suka memilih vinyl dibandingkan dengan material lainnya karena bisa menghemat anggaran.

Itulah beberapa perbedaan antara lantai parket dan vinyl yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih material lantai yang akan digunakan. Nuansa rumah yang nyaman membuat penghuni rumah bisa merasa betah dan malas untuk keluar. Hal ini tentu akan memperbanyak waktu berkumpul Anda bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *